BAB 5 PENYULUHAN KESEHATAN.ppt

|
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
 5 views
of 26

Please download to get full document.

View again

Description
BAB 5 PENYULUHAN KESEHATAN dr. Yulitasari Pengertian Penyuluhan Di Lapangan dan Di Sekolah-Sekolah  Penyuluhan Kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yg dilakukan dgn menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak hanya sadar, tahu dan mengerti, tetapi jg mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. (Azwar, 1983). petugas penyuluhan kesehatan harus menguasai ilmu komunikasi juga har
Share
Transcript
  BAB 5 PENYULUHAN KESEHATAN dr. Yulitasari  Bab 5 “Penyuluhan Kesehatan” 2 Pengertian Penyuluhan Di Lapangan dan Di Sekolah-Sekolah  Penyuluhan Kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yg dilakukan dgn menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak hanya sadar, tahu dan mengerti, tetapi jg mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. (Azwar, 1983). petugas penyuluhan kesehatan harus menguasai ilmu komunikasi  juga harus memahami pemahaman yg lengkap tentang pesan yg akan disampaikan . (Azwar 1983)  Bab 5 “Penyuluhan Kesehatan” 3 Penyuluhan Di Sekolah-Sekolah  Teori yg menonjol pada dekade mutahir ini adalah bahwa guru harus menguasai masalah teori- teori “Bimbingan dan Penyuluhan” (Konseling)  Berdasar pd sistem bimbingan dan konseling batasan penyuluhan menjadi berbeda.  Seperti diacu oleh Sukardi (1995) dalam bukunya Proses Bimbingan dan Penyuluhan :  Bab 5 “Penyuluhan Kesehatan” 4  Penyuluhan merupakan terjemahan dari counselling, yaitu bagian dari bimbingan, baik sebagai layanan maupun sebagai teknik. Layanan penyuluhan merupakan jantung hati dari usaha layanan penyuluhan secara keseluruhan.  Definisi lainnya: Penyuluhan merupakan suatu jenis layanan yg merupakan bagian terpadu dari bimbingan. Penyuluhan dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara dua orang individu, dimana yg seorang (Penyuluh) berusaha membantu yg lain (Klien) untuk mencapai pengertian tentang dirinya sendiri dalam hubungan dengan masalah-masalah yg dihadapinya pada waktu yg akan datang.
Related Search
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks
SAVE OUR EARTH

We need your sign to support Project to invent "SMART AND CONTROLLABLE REFLECTIVE BALLOONS" to cover the Sun and Save Our Earth.

More details...

Sign Now!

We are very appreciated for your Prompt Action!

x